Jasa Konsultasi Remaja

Masa remaja adalah masa transisi dalam rentang kehidupan manusia, menghubungkan masa anak-anak dengan masa dewasa dan hampir semua aspek perkembangan (fisik, intelektual, social dan moral) sudah mencapai puncak perkembangan. Dalam masa transisi, remaja menjajaki berbagai alternative dan pilihan untuk mencapai penemuan identitas atau biasa di sebut jati diri sebagai aktualisasi diri yang bisa saja mengarah ke hal negative atau positif. Dalam frase tersebut remaja seringkali mengalami friksi ataupun konflik baik dengan diri sendiri, orang tua maupun dengan orang lain. Pengaruh lingkungan dan kurang pekanya orang tua dan orang dewasa lainnya dalam memahami dan memenuhi kebutuhan remaja akan menimbulkan gejolak emosi pada diri remaja tersebut akibatnya ia akan memberontak, menarik diri bahkan mungkin melakukan perilaku menyimpang tetapi jika keadaan ini tidak bisa ditangani dengan benar maka perilaku inilah yang akan berkembang sampai dewasa.

Untuk mengetahui dan memahami kebutuhan remaja pada masa ini, orang tua harus memahami karakteristik-karakteristik yang dibutuhkan saat pencarian jati diri ini diantaranya karakteristik kebutuhan remaja, karakteristik perkembangan kognitif, perkembangan emosi, social dan moral remaja.

Masa remaja adalah masa dimana untuk mempersiapkan diri menjadi orang dewasa yang penuh dengan berbagai tanggung jawab serta hidup mandiri dan tidak tergantung lagi pada orang tua untuk itu orang tua juga harus mempersiapkan anaknya dengan kompetensi akademik dan keterampilan untuk dapat bertahan hidup. Salah satunya dengan masuk ke sekolah unggulan yang menjadi keingingan bagi semua anak tetapi biasa nya ada tes tambahan seperti wawancara atau mengidentifikasi bakat untuk itu orang tua harus lebih dulu tahu bakat dan kemampuan si anak.

Tapi kenyataannya memang tidak mudah untuk memahami remaja saat ini mengingat perkembangan jaman yang pesat sehingga menciptakan perbedaan yang cukup signifikan di setiap masa nya, masa saat si orang tua remaja dulu dengan masa remaja saat ini sehingga perlakuan atas penangannya pun akan berbeda apalagi bila si anak tidak cukup terbuka dengan orang tua.

Layanan konsultasi ini hadir untuk membantu para orang tua mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut atau bagi remaja yang mengalami kebingungan atas ketidakcocokan lingkungan dengan pribadinya atau gejolak dalam dirinya sendiri. Dengan berkonsultasi orang tua maupun si anak dapat memperoleh pengetahuan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada, seperti :

  • Mengetahui penyebab permasalahan remaja misalnya tawuran, narkoba, pergaulan bebas dan sebagainya.
  • Ketidak percaya diri anak (minder)
  • Tips agar anak terbuka pada orang tua
  • Pendidikan seksual pada remaja
  • Disorientasi seksual pada anak remaja
  • cita-cita dan pemilihan karir
  • cara mengenal kecerdasan emosional dan lain sebagainya.

Konsultasi ditangani oleh tenaga ahli dan dengan metode-metode yang mutakhir serta komitmen untuk menjaga kerahasiaan anda. Jika anda membutuhkan jasa ini silahkan hubungi kami di no.tlp: 021-32805074

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *