Target tahun 2014,semua Laboratorium harus terakreditasi ISO 17025

Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan seluruh laboratorium penguji penyakit ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan di bawah BKIPM mengantongi akreditasi ISO 17025 pada 2014.

 
Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan dalam menjalankan fungsi karantina ikan serta pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan, KKP memiliki Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM). BKIPM didukung oleh 47 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tersebar di bandara dan pelabuhan.

“Saat ini, 36 laboratorium penguji penyakit ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan di UPT BKIPM telah terakreditasi ISO 17025. Ditargetkan 2014 seluruh laboratorium KKP sudah terakreditasi ISO 17025.

Akreditasi ISO 17025, imbuhnya, memberikan jaminan dan validasi kepada para ekportir maupun importir atas kualitas dan mutu produk perikanan Indonesia.

Sharif menuturkan untuk mendukung pelaksanaan karantina ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan, KKP juga menyiapkan sumber daya manusia pengendali hama penyakit ikan, pengawas mutu dan inspektur mutu hasil perikanan.

SDM tersebut diharapkan dapat melaksanakan pengawasan dan pendampingan kepada para pelaku usaha dan kelompok masyarakat pembudidaya, termasuk para penangkap ikan dan suplier hasil perikanan.

“Semua dilakukan dalam rangka mendukung peningkatan nilai tambah melalui hasil perikanan yang sehat dan aman dikonsumsi,” kata Sharif.

Sharif menambahkan hasil perikanan yang memenuhi standar mutu dan keamanan merupakan salah satu syarat utama agar produk perikanan dapat diterima pasar. Apalagi di tengah meningkatnya persaingan industri perikanan dan semakin ketatnya standar mutu yang ditetapkan negara tujuan ekspor.

“Kebijakan penerapan sistem mutu dan kemananan hasil perikanan juga sejalan dengan kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan berbasis Blue Economy yang mengembangan pengelolaan kegiatan bisnis inovatif dan kreatif berdasarkan prinsip zero waste, efisien, pro kelestarian lingkungan,” katanya.

KKP juga telah mencanangkan Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina Ikan (GEMASATUKATA) yang ditandai dengan Pengukuhan Forum Peningkatan Sadar Mutu dan Karantina Ikan. Forum ini melibatkan unsur Pemerintah Pusat dan Daerah, Pelaku usaha, Lembaga Perguruan Tinggi dan Penelitian serta Penyuluh Perikanan guna meningkatkan komitmen pengelolaan hasil perikanan dari hulu sampai hilir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami siap bantu anda! Klik disini

Kami siap membantu anda, untuk berdiskusi dengan Tim Kami silahkan klik langsung profile yang sedang online. Jika jaringan sedang sibuk, disebabkan sedang melayani pelanggan lain. Untuk respon cepat selanjutnya kirim email ke: [email protected] untuk pelayanan via Help Desk

Account Executive

Mei Dwi - Head Office

Online

Account Executive

Eva Arlinda- Head Office

Online

Account Executive

Umu Hanifatul - Head Office

Online

Account Executive

Andini - Head office

Online

Mei Dwi - Head OfficeAccount Executive

Halo bapak/ibu adakah yang bisa saya bantu? 00.00

Eva Arlinda- Head OfficeAccount Executive

halo bapak/ibu adakah yang bisa saya bantu? 00.00

Umu Hanifatul - Head OfficeAccount Executive

Maaf bapak/ibu adakah yang bisa saya bantu? 00.00

Andini - Head officeAccount Executive

Halo bapak/ibu ada yang bisa saya bantu? 00.00