Training Contract Management And Contract Drafting (18-20 Oktober 2017 Bogor)

PENGANTAR TRAINING CONTRACT MANAGEMENT AND CONTRACT DRAFTING 

Kemampuan menulis draft suatu kontrak bisnis baik nasional maupun international menjadi suatu kebutuhan yang sangat mendesak bagi para pelaku usaha saat ini. Kontrak merupakan dasar yang bersangkutan hukum yang mengatur hak dan kewajiban pihak-pihak yang terlibat dalam aktivitas bisnis. Pada umumnya kita hanya menduplikasikan dari draft kontrak yang sudah ada dan tidak tahu persis mana draft kontrak yang sesuai untuk jenis bisnis tertentu. Belum lagi, masalah sah atau tidaknya suatu kontrak, klausul-klausul yang dimuat dalam kontrak, dan aspek legal suatu kontrak. Sebagian besar permasalahan bisnis di lapangan ternyata disebabkan oleh kurangnya pemahaman para pelaku bisnis akan arti penting sebuah kontrak dan bagaimana menyusun secara benar. Merupakan suatu hal naif jika kita hanya menerima begitu saja draft kontrak yang disodorkan pihak lain kepada kita. Bahkan tidak jarang pula, kontrak dibuat asal jadi, atau hasil mengkopi dari sana-sini, tanpa memandang relevansinya dengan kepentingan bisnis yang ingin dijalani. Akibatnya, ketika terjadi permasalahan di kemudian hari, kontrak yang seharusnya bisa menjadi rujukan untuk menyelesaikan sengketa, justru malah menyebabkan timbulnya kerugian-kerugian yang sebenarnya bisa dihindari apabila pelaku bisnis memposisikan kontrak elemen krusial dalam menjalankan kerjasama.

Dalam dunia bisnis, ketrampilan  merancang perjanjian (contract drafter) merupakan kebutuhan yang sangat penting, dimana hal ini yang nantinya diharapkan mampu menterjemahkan kepentingan dan harapan pihak-pihak pada suatu transaksi bisnis kedalam suatu dokumen kontrak yang utuh dan pada waktu yang sama mampu mengupayakan keabsahan yuridis (kekuatan hukum) dari kontrak yang bersangkutan. Kebutuhan akan ketrampilan ini sangat dirasakan ketika banyak perusahaan, instansi swasta maupun pemerintah merasa dirugikan karena seorang yang bertugas sebagai contract drafter kurang memahami bagaimana membuat perjanjian yang dapat mengamankan diri atau perusahaan tanpa harus merugikan pihak lain. Biasanya kesalahan tersebut disebabkan karena kurangnya pemahaman baik dalam tataran konsep maupun teknis pembuatan suatu perjanjian bisnis. Pelatihan ini akan memberikan pemahaman mengenai kontrak secara komprehensif, langkah-langkah penyusunan kontrak secara tepat, menulis draf kontrak baik nasional maupun internasional, serta merancang kontrak bisnis secara menyeluruh.

MAKSUD & TUJUAN

Maksud dan tujuan dari program Training Contract Management And Contract Drafting diantaranya yaitu:

  1. Memahami tentang bagaimana sistem hukum perjanjian dalam perspektif nasional dan internasional yang berlaku di Indonesia maupun secara internasional;
  2. Merancang kontrak bisnis
  3. Mengimplementasikan teknik penyusunan kontrak yang tepat;

BAHAN AJAR

  1. Sistem Hukum perjanjian dalam perspektif Hukum Nasional dan Internasional
  2. Tipe, karateristik dan syarat syahnya perjanjian
  3. Anatomi perjanjian
  4. Merancang Memorandum of Understanding (MOU)
  5. Merancang perjanjian bisnis (Contract Drafting)
  6. Merancang perjanjian Standart
  7. Potensi konflik dalam pelaksanaan perjanjian.
  8. Strategi Penyelesaian sengketa perjanjian di pengadilan dan di luar pengadilan

SIAPA PESERTA YANG HARUS HADIR..??

Dalam program Training Contract Management And Contract Drafting peserta yang direkomendasikan ikut yaitu yang berlatar belakang seperti: Staff, Supervisor, Manager hingga level diatasnya dari Divisi Legal, Divisi Contract Drafting, Divisi Sumber Daya Manusia, Pengacara, atau siapapun yang ingin mendalami atau menambah pengetahuan mengenai Contract Management ataupun Contract Drafting.

METODE PELAKSANAAN

Dalam Training Contract Management And Contract Drafting ini menggunakan metode interkatif, dilaksanakan dalam bentuk presentasi ceramah dan diskusi interaktif membahas study kasus seputar teknik dan implementasi contract management and contract drafting yang tepat dan efektif.

TIM INSTRUKTUR

SII Team

DURASI

2 Hari (Efektif 14 Jam)

INVESTASI

  • Rp 4.350.000 (Jakarta/Bandung/Bogor/Yogyakarta/Surabaya/Malang)
  • Rp 5.350.000 (Bali/Lombok/Balikpapan/Medan/Makasar)

FASILITAS

Sertifikat, Modul soft file & copy, Lunch, 2 x Coffee Break, Training Kit (Tas Jinjing, Blocknote, Ballpoint, Flashdisk, Tas Gemblock), foto bersama, diselenggarakan dihotel berbintang.

INFORMASI DAN PENDAFTARAN

Tlp: 021-29432095, Mobile: 0812 9599 7321

JADWAL TRAINING CONTRACT MANAGEMENT AND CONTRACT DRAFTING TAHUN 2017

  • 18-20 Oktober 2017 Bogor
  • 23-24 November 2017 Lombok
  • 18-19 Desember 2017 Yogyakarta

Share this post

Post Comment