Training Industrial Relation for Professional (5-6 Oktober 2017 Jakarta)

Training Industrial Relation for Professional (5-6 Oktober 2017 Jakarta)

PENGANTAR TRAINING INDUSTRIAL RELATION FOR PROFESSIONAL

Menurut UU No. 13/2003 tentang ketenagakerjaan pasal 1 ayat 16, Hubungan Industrial  adalah suatu sistem hubungan yang terbentuk antara para pelaku dalam proses produksi barang dan atau jasa yang terdiri dari unsur pengusaha, buruh/pekerja, dan pemerintah yang didasarkan pada nilai nilai Pancasila dan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jadi dapat kita simpulkan bahwa hubungan industrial adalah hubungan antara semua pihak yang terkait atau berkepentingan atas proses produksi atau pelayanan jasa di suatu perusahaan. Hubungan industrial tersebut harus diciptakan sedemikian rupa agar harmonis, aman, serasi dan sejalan, agar perusahaan dapat terus meningkatkan produktivitasnya. untuk meningkatkan kesejahteraan semua pihak yang terkait atau yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan tersebut. Kegiatan yang berkaitan dengan Hubungan Industrial di dalam sebuah Perusahaan bisa dikatakan lebih dari sekedar hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan organisasi dari perusahaan itu sendiri. Perkembangan yang berkaitan dengan Hubungan Industrial merupakan gambaran adanya perubahan-perubahan dalam sifat dasar kerja di dalam masyarakat (baik dalam aspek ekonomi maupun sosial) dan adanya perbedaan pandangan mengenai peraturan perundangan undangan tentang ketenagakerjaan. Kegiatan Hubungan Industrial dapat dijelaskan, yaitu “meliputi sekumpulan dari fenomena, baik di luar maupun di dalam tempat kerja yang berkaitan dengan penetapan dan pengaturan hubungan ketenagakerjaan”. Namun, kita sulit untuk mendefinisikan istilah “Hubungan Industrial” secara tepat yang dapat diterima secara universal. Memang muncul pernyataan yang mendefinisikan “Hubungan Industrial” dikaitkan dengan laki-laki, bekerja penuh waktu, memiliki serikat buruh, pekerja kasar di unit pabrik besar yang dapat melakukan tindakan pengendalian, pemogokan, dan perundingan bersama.

Jika sebuah organisasi/perusahaan menyepelekan manajemen hubungan industri di tempat kerja, salah satu akibat yang besar adalah akan timbul yaitu kerugian dan efek lainya. Samudera Ilmu Institut sebagai bagian dari BMD Group Corp melalui kesempatan ini bermaksud menyelenggarakan Training Industrial Relation for Professional yang akan membantu para peserta untuk  memahami sebab, teknik pengelolaan dan solusi yang tepat dalam mengelola hubungan industri dilingkungan kerja.

MAKSUD & TUJUAN

Maksud dan tujuan dari program Training Industrial Relation for Professional diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan pekerja maupun pengusaha
  • Memahami peran dan fungsi hubungan industrial dalam perusahaan
  • Memahami pokok-pokok hukum ketenagakerjaan berkaitan dengan peraturan-peraturan ketenaga kerjaan, hak dan kewajiban pekerja, hak dan kewajiban perusahaan dll.

BAHAN AJAR

1. Konsep dan fungsi Hubungan Industrial

2. Dasar-dasar kerjasama pekerja

3. Manajemen dan tantangan pelaksanaan pengelolaan tenaga kerja

4. Pengelolaan dan monitoring kerjasama pekerja dan perusahaan

5. Peraturan perundang-undangan yang menyangkut Hubungan Industrial

  • Undang-undang
  • PP/Kepmen/SE
  • Peraturan Perusahaan/PKB/PK

6. Kelembagaan dibidang Hubungan Industrial:

  • Bipartit
  • Tripartit
  • PPHI

7. Serikat Pekerja

  • Peraturan terkait SP
  • Kerjasama & tantangannya

8. Peraturan perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama/Collective Labor Agreement

9. Sikap seorang professional dalam hubungan industrial untuk menjadi insiator.

10. Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial

11. Outsourcing

12. Lain-lain terkait dengan outsourcing, jamsostek, PKWT, PKWTT dll

13. Sikap mental yang tepat seorang IR professional untuk menjadi insiator dalam setiap tahapan IR: ranah     kerjasama, ranah perundingan dan penegak hukum internal perusahaan

14. Industrial Relation Clinic

SIAPA PESERTA YANG HARUS HADIR..??

Dalam program Training Industrial Relation for Professional peserta yang direkomendasikan ikut yaitu merek yang berlatar belakang seperti: Staff, Supervisor, Manager dalam bidang Human Resources, Praktisi Human Resources atau siapa saja yang membutuhkan Training Industrial Relation for Professional ini.

METODE PELAKSANAAN

Dalam Training Industrial Relation for Professional ini menggunakan metode interkatif, dilaksanakan dalam bentuk presentasi ceramah dan diskusi interaktif membahas study kasus seputar teknik dan implementasi manajemen industrial relation yang tepat dan efektif.

TIM INSTRUKTUR

SII Team

DURASI                

2 hari (efektif 14 jam)

INVESTASI

  • Rp 4.350.000 (Jakarta/Bandung/Bogor/Yogyakarta/Surabaya/Malang)
  • Rp 5.350.000 (Bali/Lombok/Balikpapan/Medan/Makasar)

FASILITAS

Sertifikat, Modul soft file & copy, Lunch, 2 x Coffee Break, Training Kit (Tas Jinjing, Blocknote, Ballpoint, Flashdisk, Tas Gemblock), foto bersama, diselenggarakan dihotel berbintang.

INFORMASI DAN PENDAFTARAN

Tlp: 021-29432095, Mobile: 0812 9599 7321

JADWAL TRAINING INDUSTRIAL RELATION FOR PROFESSIONAL 2017

  • 5-6 Oktober 2017 Jakarta
  • 9-10 November 2017 Surabaya
  • 7-8 Desember 2017 Bandung

 

Share this post

Post Comment