Tutorial Install Hysys 7.1

Tutorial Install HYSYS 7.1

Untuk seorang Mahasiswa ataupun lulusan Teknik Kimia mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya HYSYS, perkembangan software bajakan ini banyak membantu para pelajar di Indonesia untuk memahami design prosess dan simulasi proses, khususnya untuk industri Petroleum dan Petrokimia. Jika ada dari anda sahabat sekalian yang ingin mengetahui cara Install HYSYS 7.1 klik disini, tapi ingat ya..?? bukan untuk dijual belikan, melainkan untuk belajar, karena jangan kan kita untuk kelas perusahaan EPC aja belum tentu mereka memiliki software aslinya, karena yang saya tahu harganya sekitar $8000. Jadi prinsipnya tetap manfaat kan teknologi sebaik mungkin. Mungkin juga bila teman-teman sekalian  ingin mengikuti pelatihannya, berikut saya informasikan pelatihannya yang saya dapat dari web: www.bmdstreet.com

Pelatihan Proses Simulator (HYSYS)

Pengantar Proses Pemodelan dan Simulasi Kondisi Tunak Industri Kimia

Introduction to Process Steady State Modeling and Simulation with Chemical Industry Focus

Pengantar Pelatihan

Perkembangan industri kimia dari hulu dan hilir di Indonesia yang berbasiskan pada pemanfaatan sumber daya alam minyak dan gas bumi semakin pesat.  Hal ini menyebabkan kebutuhan terhadap perhitungan  Heat and Material Balance, Instrumentasi dan pendukungnya yang dilakukan oleh  proses enginer akan semakin penting.  Perhitungan ini diperlukan tidak hanya saat perancangan awal pabrik tetapi juga pada saat pabrik telah beroperasi. Perhitungan  Heat and Material BalanceInstrumentasi dan pendukungnya harus memiliki tingkat akurasi dan validitas yang tinggi dan dapat dipertanggung jawabkan.  Pesatnya perkembangan teknologi sangat membantu dalam menyelesaikan problema di atas, terbukti dengan berkembangnyasoftware-software perancangan  sebagai alat bantu  perhitungan bagi insinyur kimia.

HYSYS adalah program yang dirancang untuk mensimulasikan proses di dalam suatu pabrik. Dengan menggunakan program ini, perhitungan-perhitungan untuk mendesain suatu proses yang rumit (karena melibatkan banyak rumus) dan memerlukan waktu yang lama bila dikerjakan secara manual (by hand) dapat dengan cepat dilakukan. HYSYS sendiri adalah singkatan dari Hyphothetical System (sistem hipotesa). Simulasi proses artinya membuat suatu proses produksi suatu bahan ke dalam diagram alir proses (Process Flow Diagram) dan menghitung neraca massa dan neraca panas/energi pada masing-masing peralatan yang digunakan. HYSYS  dapat digunakan untuk merancang beberapa peralatan pada pabrik yang baru atau akan didirikan (sizing) atau mengevaluasi kinerja suatu peralatan pada pabrik yang sudah ada (rating). HSYSY memiliki kelebihan daripada program-program simulasi proses lainnya. Program ini bersifat interaktif karena langsung memberitahukan input apa yang kurang pada saat penggunanya mendesain suatu proses dan juga langsung memberitahukan apabila ada kesalahan yang terjadi. Dengan demikian program ini dapat dikatakan user friendly atau mudah digunakan.

Software ini dikembangkan oleh Aspentech yang semula merupakan Divisi Pengembangan Teknologi Komersial pada Advanced System for Process Engineering (ASPEN), yaitu sebuah laboratorium sistem proses tingkat lanjut milik Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini akan diberikan instruktur kepada peserta untuk bisa menguasai dan menerapkan suatu perangkat lunak simulasi proses kimia (HYSYS®/UniSym®). Peserta juga akan dilatih bagaimana memiliki cara berfikir analisis dan kreatif untuk memecahkan masalah suatu proses industri kimia dan dapat membuat serta menguji kesahihan model simulasi, di mana kemampuan ini akan menjadi modal dasar peserta dalam mengerjakan proyek perancangan pabrik kimia.

Tujuan

  • Memberikan pengertian dasar konsep penyelesaian perhitungan Heat and Material Balancemenggunakan software HYSYS,
  • Mengetahui tool-tool yang ada dalam HYSYS Steady State serta penggunaannya baik yang digunakan dalam proses sistem maupun utilitas sistem,
  • Menyusun suatu sistem proses atau plant dengan menggunakan HYSYS Steady Stateuntuk membuat Heat and Material Balance
  • Pengenalan HYSYS Dynamics
  • Meningkatkan kualitas kompetensi akademik dan Career  baik untuk seorang enginer, mahasiswa atau dosen.   

Garis-Garis Besar Pokok dan Sasaran Pelatihan

Menggambar alur proses

1. Mampu mendefenisikan basis simulasi

2. Mampu membuat alur proses dan karakterisasi unit

Neraca Massa dan Neraca Energi

Mampu menghitung neraca massa dan neraca energi secara baik untuk proses yang melibatkan recyle

Thermodinamika Proses

Mampu mendefenisikan dan menerapkan Property atau model

Thermodinamika

Reaksi Kimia dan Reaktor

1. Mampu mendefinisikan reaksi-reaksi kimia

2. Mampu melakukan pemodelan dan simulasi konver dan

kesetimbanga reaksi dan reaktor

Alat Penukar Panas

Mampu mengefisiensi energi pada sistem alat penukar panas

Separator

Mampu mensimulasikan proses flash, Shortcut, absorber dan destilasi

Proyek Simulasi

Mampu membuat, Mengkarakterisasi, dan menguji kesahihan suatu

model simulasi proses

Instruktur

Dr.Ir. Junius Hardy, MT

Senior Konsultan dan Trainer dalam Industri Proses, saat ini aktif sebagai instruktur di pelatihan simulator process serta Process Control seperti: Hysys, Chemcad dan lain-lain . Pengalaman beliau menjabat PT. Yupi Indo Jelly Gum dan Site Manager PT. Sekawan Envirotek Sistemindo, Jakarta. Koordinator Proyek Program Studi Teknik Kimia untuk Technological & Professional Skill Development Sector Project (TPSDP), Dosen di Universitas Pelita Harapan (UPH) dan Insitut Teknologi Indonesia (ITI).

Johansen Hasugian, ST

Education Chemical Engineering Sriwijaya University, Palembang-Sumsel. Working Experience : Process Engineer PT. Tripatra Engineers and Constructor Jakarta, Lead Engineers  PT. Titis Sampurna Jakarta, PT Unilever Indonesia Tbk Cikarang- Bekasi. Dan Saat ini aktif sebagai Konsultan untuk Proses Simulator dan Design Proses.  Beberapa Project yang pernah di tangani: Kawasan Industri Sumenep Sumekar, Batang Gas Utilization, Supply Gas to Tambak Lorok Pipeline 123 km  & Gas Booster ,Semanggi Flare Gas Utilization Project (CNG Project), Floating Production Storage Offloading (FPSO), Bukit Tua, Pengembangan Gas Jawa,  KPD –Tay Development , Pertamina RFCC Cilacap , Ditjen Migas Develop, PT. Flaris Energy, Develop of Engineering Design CNG Plant,PT. Maruta Bumi Prima, PT. Excelsior, PT. Adiprotek Envirodunia etc. 

Durasi

2 Hari

Biaya Registrasi

Rp 3.000.000,00

Hari/Tanggal

Conform

Fasilitas
Sertifikat, Modul, Training Kit, Lunch, Coffee Break, diselenggarakan di hotel berbintang.

Informasi Pendaftaran dan Promo

Hub      : 021 – 3280 5064, 3280 5074

Contact Person

0813 8280 7230

Share this post

Post Comment