Training Teknik Identifikasi dan Penelitian Tindakan Kelas (04-05 September 2017 Jakarta)

PENGANTAR

Pada saat ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) semakin menjadi trend untuk dilakukan oleh para profesional sebagai upaya untuk pemecahan masalah dan peningkatan mutu di berbagai bidang. Awal mulanya PTK, ditujukan untuk mencari solusi terhadap masalah sosial (pengangguran, kenakalan remaja, dan lain-lain) yang berkembang di masyarakat pada saat itu. PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap masalah tersebut secara sistematis. Hal kajian ini kemudian dijadikan dasar untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam proses pelaksanaan rencana yang telah disusun, kemudian dilakukan suatu observasi dan evaluasi yang dipakai sebagai masukan untuk melakukan refleksi atas apa yang terjadi pada tahap pelaksanaan. Hasil dari proses refleksi ini kemudian melandasi upaya perbaikan dan peryempurnaan rencana tindakan berikutnya. Tahapan-tahapan di atas dilakukan berulang-ulang dan berkesinambungan sampai suatu kualitas keberhasilan tertentu dapat tercapai.

Dalam bidang pendidikan, khususnya kegiatan pembelajaran, PTK berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di dalam kelas. Dengan melaksanakan tahap-tahap PTK, guru dapat menemukan solusi dari masalah yang timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan berbagai ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif. Selain itu sebagai penelitian terapan, disamping guru melaksanakan tugas utamanya mengajar di kelas, tidak perlu harus meninggalkan siswanya. Jadi PTK merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di lapangan. Dengan melaksanakan PTK, guru mempunyai peran ganda yaitu : sebagai praktisi dan peneliti.

BAHAN AJAR

  • Jenis dan Model PTK,
  • Jenis-jenis Penelitian Tindakan Kelas,
  • Model-model Penelitian Tindakan Kelas,
  • Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.

MAKSUD DAN TUJUAN

Diharapkan setelah peserta mengikuti pelatihan ini mampu memahami :

  • Tentang jenis-jenis PTK
  • Mengetahui model-model PTK
  • Memahami Teknik-teknik pelaksanaan PTK
  • Mampu mengaplikasikan PTK di Sekolah

METODE PELAKSANAAN

Training Penelitian Tindakan Kelas inimenggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan

SIAPA YANG HARUS IKUT ???

Kepala sekolah, pembimbing kesiswaan, guru pendidik, dosen, pengembang kurikulum, komite sekolah, mahasiswa ilmu pendidikan dan semua element yang terkait dengan pendidikan

FASILITAS

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 1x Lunch & 2x Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.

INVESTASI

Rp. 4.250.000,00/peserta 

DURASI PELATIHAN

2 hari ( efektif 14 jam ) Start 09.00 – 16.00 WIB

INFORMASI & PROMO

Telp : 021 2943 2095
Mobile: 0812 9599 7321

JADWAL TRAINING PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) TAHUN 2017 :

  • 04-05 September 2017 Jakarta
  • 02-03 Oktober 2017 Surabaya
  • 06-07 November 2017 Bandung
  • 04-05 Desember 2017 Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *