Training Membangun Karakter Sejak Pendidikan Anak Usia Dini (25-26 September 2017 Yogyakarta)

PENGANTAR

Dalam dunia pendidikan waktu yang tepat untuk menentukan kesuksesan dan keberhasilan seseorang di mulai saat masih usia dini menurut para peneliiti dunia. Pada usia dini 0-6 tahun, otak berkembang sangat cepat hingga 80 persen. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi tidak melihat baik dan buruk. Itulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk. Karena itu, banyak yang menyebut masa tersebut sebagai masa-masa emas anak (golden age). Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli Perkembangan dan Perilaku Anak dari Amerika bernama Brazelton menyebutkan bahwa pengalaman anak pada bulan dan tahun pertama kehidupannya sangat menentukan apakah anak ini akan mampu menghadapi tantangan dalam kehidupannya dan apakah ia akan menunjukkan semangat tinggi untuk belajar dan berhasil dalam pekerjaannya. Untuk itulah kita sebagai orang tua hendaknya memanfaatkan masa emas anak untuk memberikan pendidikan karakter yang baik bagi anak, sehingga anak bisa meraih keberhasilan dan kesuksesan dalam kehidupannya di masa mendatang. Kita sebagai orang tua kadang tidak sadar, sikap kita pada anak justru akan menjatuhkan si anak. Misalnya, dengan memukul, memberikan pressure yang pada akhirnya menjadikan anak bersikap negatif, rendah diri atau minder, penakut dan tidak berani mengambil resiko, yang pada akhirnya karakter-karakter tersebut akan dibawanya sampai ia dewasa. Ketika dewasa karakter semacam itu akan menjadi penghambat baginya dalam meraih dan mewujudkan keinginannya. Misalnya, tidak bisa menjadi seorang public speaker gara-gara ia minder atau malu. Tidak berani mengambil peluang tertentu karena ia tidak mau mengambil resiko dan takut gagal. Padahal, jika dia bersikap positif maka resiko bisa diubah sebagai tantangan untuk meraih keberhasilan.

Karakter akan terbentuk sebagai hasil pemahaman 3 hubungan yang pasti dialami setiap manusia (trianglerelationship), yaitu hubungan dengan diri sendiri (intrapersonal), dengan lingkungan (hubungan sosial dan alam sekitar), dan hubungan dengan Tuhan YME (spiritual). Setiap hasil hubungan tersebut akan memberikan pemaknaan/pemahaman yang pada akhirnya menjadi nilai dan keyakinan anak. Cara anak memahami bentuk hubungan tersebut akan menentukan cara anak memperlakukan dunianya. Pemahaman negatif akan berimbas pada perlakuan yang negatif dan pemahaman yang positif akan memperlakukan dunianya dengan positif. Untuk itu, Tumbuhkan pemahaman positif pada diri anak sejak usia dini, salah satunya dengan cara memberikan kepercayaan pada anak untuk mengambil keputusan untuk dirinya sendiri, membantu anak mengarahkan potensinya dengan begitu mereka lebih mampu untuk bereksplorasi dengan sendirinya, tidak menekannya baik secara langsung atau secara halus, dan seterusnya. Biasakan anak bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Ingat pilihan terhadap lingkungan sangat menentukan pembentukan karakter anak. Seperti kata pepatah bergaul dengan penjual minyak wangi akan ikut wangi, bergaul dengan penjual ikan akan ikut amis. Seperti itulah, lingkungan baik dan sehat akan menumbuhkan karakter sehat dan baik, begitu pula sebaliknya. Dan yang tidak bisa diabaikan adalah membangun hubungan spiritual dengan Tuhan Yang Maha Esa. Hubungan spiritual dengan Tuhan YME terbangun melalui pelaksanaan dan penghayatan ibadah ritual yang terimplementasi pada kehidupan sosial.

BAHAN AJAR

  • Bahan ajar/sumber belajar
  • Media pembelajaran
  • Manajemen Sekolah

MAKSUD DAN TUJUAN

Diharapkan setelah peserta mengikuti pelatihan ini mampu memahami :

  • Memahami konsep cara membangun karakter anak usia dini
  • Mengetahui cara anak memahami bentuk hubungan melalui pemahaman positif dan negatif
  • Mengetahui cara berinovasi dan improvisasi yang berkesinambungan dalam membuat konsep pembelajaran di kelas sesuai karakter anak.

METODE PELAKSANAAN

 Training Membangun Karakter Sejak Pendidikan Anak Usia Dini – ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan

SIAPA YANG HARUS IKUT ???

Kepala sekolah, pembimbing kesiswaan, guru pendidik, dosen, pengembang kurikulum, komite sekolah, mahasiswa ilmu pendidikan dan semua element yang terkait dengan pendidikan

INSTRUKTUR

Senior Konsultan dan Trainer Ilmu pendidikan

FASILITAS

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 1x Lunch, 2x Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.

INVESTASI

Rp. 4.250.000,00/peserta

Durasi Pelatihan

2 hari ( efektif 14 jam ) start 09.00 – 16.00 WIB

INFORMASI & PROMO

Telp : 021 2943 2095
Mobile: 0812 9599 7321

Training Membangun Karakter Sejak Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2017 :

  • 25-26 September 2017 Yogyakarta
  • 23-24 Oktober 2017 Bogor
  • 27-28 November 2017 Jakarta
  • 25-26 Desember 2017 Surabaya

Share this post

Post Comment