Training Integrasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Dalam Pembelajaran di Kelas (19-20 Oktober 2017 Jakarta)

PENGANTAR

Salah satu aplikasi teknologi informasi dan komunikasi yang merupakan pengembangan teknologi diantaranya adalah media komputer. Komputer merupakan aplikasi dari teknologi berbasis informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang sangat bermanfaat dengan memproses, menyajikan dan mengelola informasi. Secara umum ada tiga peranan teknologi informasi dan komunikasi : Pertama, menggantikan peran manusia dengan melakukan kegiatan otomasi suatu tugas atau proses tertentu. Kedua, memperkuat peran manusia yaitu menyajikan informasi, tugas atau proses. Ketiga, melakukan restrukturisasi atau melakukan perubahan-perubahan terhadap suatu tugas atau proses.

Ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan solusi tepat bagi penyelesaian masalah dalam bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi akan mengatasi ketertinggalan perkembangan dari Negara maju, teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan memberikan kontribusi untuk mempercepat pemerataan kesempatan belajar dan meningkatkan mutu pendidikan, dengan cara menyediakan informasi selengkap-lengkapnya agar mudah tersimpan dalam otak peserta belajar yang sulit diatasi dengan cara-cara konvensional. Perkembangan penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan antara lain melalui dua tahapan. Tahapan pertama, adalah dengan penggunaan Audio Visual Aid (AVA) di dalam kelas yang akan dapat mengembangkan kemampuan berpikir peserta belajar. Tahapan kedua, penggunaan komputer dalam pendidikan. Kedua tahapan tersebut memberikan perubahan yang berarti dalam proses pembelajaran, dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke “on line” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata.

Teknologi komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini adalah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.

BAHAN AJAR

  • Pengertian Jaringan Komputer
  • Protokol jaringan
  • Jenis Jaringan Komputer
  • Perangkat Keras Jaringan Komputer
  • Topologi Jaringan
  • Model Koneksi Jaringan

MAKSUD DAN TUJUAN

Diharapkan setelah peserta mengikuti pelatihan ini mampu memahami :

  • Konsep dasar Pengertian Jaringan Komputer
  • Dapat mengelola dengan baik seluruh Protokol jaringan
  • Mampu mengimplementasikan Jenis Jaringan Komputer
  • Mampu mengaplikasikan model koneksi jaringan

METODE PELAKSANAAN

Training Mengintegrasikan Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam pembelajaran di kelas inimenggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan

SIAPA YANG HARUS IKUT ???

Kepala sekolah, pembimbing kesiswaan, guru pendidik, dosen, pengembang kurikulum, komite sekolah, mahasiswa ilmu pendidikan dan semua element yang terkait dengan pendidikan

FASILITAS

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 1x Lunch & 2x Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.

INVESTASI

Rp. 4.250.000,00/peserta 

DURASI PELATIHAN

2 hari ( efektif 14 jam ) Start 09.00 – 16.00 WIB.

INFORMASI & PROMO

Telp : 021 2943 2095
Mobile: 0812 9599 7321

JADWAL TRAINING MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS TAHUN 2017 :

  • 19-20 Oktober 2017 Jakarta
  • 16-17 November 2017 Surabaya
  • 21-22 Desember 2017 Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *